Kota Sorong Dapat Untung dari Pariwisata Raja Ampat

Advertisement

Kota Sorong Dapat Untung dari Pariwisata Raja Ampat

Admin
Thursday, 18 January 2018

Berita Papua - Sorong BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat melakukan pemeriksaan sektor pariwisata di Kabupaten Raja Ampat. Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat, Ir Adi Sudibyo mengatakan, selama ini yang lebih banyak mendapat manfaat dari pariwisata Raja Ampat adalah Kota Sorong.

Sudibyo mengatakan, tujuan dari pemeriksaan sektor pariwisata ini untuk mendorong sektor pariwisata di Raja Ampat lebih mendunia. “Sekarang ini yang mendapat efek manfaat dari pariwisata di Raja Ampat adalah Kota Sorong,” tutur Sudibyo di hadapan para bupati/walikota se-Papua Barat pada acara penyerahan 8 Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) di kantor BPK Perwakilan Papua Barat, Selasa (16/1).

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat, Ir Adi Sudibyo (IST)

Pariwisata di Raja Ampat lanjut Sudibyo, perlu terus dikembangkan sehingga bernilai tambah bagi masyarakat sekitar. Potensi wisata bahari dan ekologi dapat digali dan terus dikenal luas masyarakat dunia. Pengembangan pariwisata Raja Ampat harus juga memperhatikan konservasi lingkungan. “Harus jaga kelestarian lingkungan. Wisata di Raja Ampat wisata ekologi,” ujarnya kepada wartawan.

Pengembangan wisata juga tak terbebani biaya tinggi. Dengan biaya yang terjangkau, diharapkan wisatawan makin tertarik untuk berkunjung ke Raja Ampat. “Orang (wisatawan) di sana (Raja Ampat) jangan terlalu terbebani biaya yang tinggi,” tandasnya.

Dari pemeriksaan, Ka BPK menuturkan, masih terjadi pengrusakan lingkungan di kawasan pariwisata Raja Ampat dilakukan kelompok masyarakat, juga ada regulasi daerah yang perlu disesuaikan dengan peraturan kementerian. Dari hasil pemeriksaan yang LHP-nya (Laporan Hasil Pemeriksaan) telah diserahkan kepada pemerintah daerah, BPK memberikan sejumlah rekomendasi. Sudibyo mengatakan, salah satu rekomendasi yakni meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kepariwisataan. “Ya, kita harapkan kedepan dengan pengelolaan yang baik pariwisata Raja Ampat terus berkembang dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah,” pungkasnya.