LHKPN Calon Bupati Timika Capai 40 Miliar

Advertisement

LHKPN Calon Bupati Timika Capai 40 Miliar

Admin
Thursday, 25 January 2018


Beberapa bakal Calon Bupati Mimika memiliki harta yang cukup fantastis, rata-rata mencapai Miliaran. Laporan kepemilikan kekuatan tersebut dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagai syarat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bakal calon Bupati Mimika.

Dari 5 calon hanya 1 pasangan yaitu Philipus Wakerkwa dan H.Basri yang memiliki harta kekayaan dibawah 1 Milyar. Bupati pertaha, Etinus Omaleng menduduki peringkat pertama dengan harta mencapai 41 Miliar rupiah, diikuti dengan Maria Frolida Kotorok capai 19 miliar rupiah, selengkapnya dapat dilihat di website KPU Pantau Pilkada.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika sudah menerima Tanda Terima (TT) barkode Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari tujuh pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Mimika pada Pilkada 2018.

TT tersebut dikeluarkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diterima KPU Mimika bersamaan pada tahapan proses penyerahan berkas perbaikan beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Ketua KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal saat dikonfirmasi Timika eXpress, Sabtu (20/1) di Kantor KPU Mimika.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun melalui website resmi KPK di Pantau Pilkada, disebutkan ketujuh balon Pilkada Mimika 2018 sudah melaporkan LHKPN ke KPK.

TT LHKPN dari masing-masing bakal calon ini berdasarkan Surat Edaran (SE) KPK nomor 19/2017 tentang Petunjuk Teknis Penyampaian LHK dan Pemberian Tanda Terima dalam Proses Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Bahwa bukti TT LHKPN harus disertai barkode dari KPK. Aturan ini wajib sebagai salah satu syarat lolosnya bakal pasangan calon untuk ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) yang akan maju pada Pilkada mendatang.

Laporan keuangan itu terdiri dari harta bergerak maupun tidak bergerak. Harta bergerak contohnya kendaraan. Kalau yang tidak bergerak yaitu tanah, bangunan dan aset lainnya.

Berdasarkan data yang dikutip dari situs resmi Pantau Pilkada Indonesia milik KPK, balon bupati, Eltinus Omaleng memiliki harta paling banyak dibandingkan balon lainnya.

Abdul Rahman selaku penghubung dari pasangan balon Eltinus Omaleng-Jahannes Rettob mengaku LHKPN dari KPU sudah dimasukan ke KPU Mimika disertai tanda terima dari pihak KPU setempat.


Bahkan bakal pasangan Athanasius Allo Rafra dan Wilhelmus Pigai juga membenarkan telah menyerahkan LHKPN ke KPU.(a26)