Freeport PHK 8.300 Buruh, Disnaker Papua Nyatakan Batal Demi Hukum

Berita Terkait:
MIMIKA, beritapapua.net - Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua menyatakan mogok kerja ribuan karyawan di lingkungan PT Freeport Indonesia selama 18 bulan sah (legal). Pernyataan ini dikeluarkan setelah Tim Pengawas Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua melakukan pemeriksaan terhadap kasus ini melalui surat bernomor 560/1271.

Pemeriksaan Tim Pengawas Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua mengacu pada UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang menyimpulkan pemutusan hubungan kerja tanpa penetapan yang diatur dalam pasal 151 ayat (3) batal demi hukum, sementara fourlogh yang diberlakukan oleh Freeport tidak dikenal dalam UU No.13 tahun 2003.

Demo Buruh Freeport di Jakarta. Foto S.Mampioper/BeritaPapua
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Ronny S. Marjen membenarkan pihaknya telah menerima tembusan hasil pemeriksaan Disnaker Provinsi Papua yang ditujukan ke manajemen PT Freeport Indonesia.

"Tentu saja pengawas ketenagakerjaan punya dasar tersendiri dalam melakukan pemeriksaan. Adapun hasilnya bersifat internal antara pengawas dengan perusahaan, bukan dokumen publik, tetapi saya pikir ini sudah diketahui publik karena tembusannya dikirim ke berbagai pihak," kata Ronny di Timika, Senin.

Setelah hasil pemeriksaan dikeluarkan, kata dia, perusahaan memiliki hak jawab dan diberikan waktu selama tujuh hari untuk memberikan klarifikasi kepada pengawas ketenagakerjaan.

"Kami mendapat informasi, kemungkinan hari ini (Senin) pihak manajemen Freeport sedang berada di Jayapura untuk melakukan klarifikasi," ungkapnya.

Keterangan pers Koalisi Buruh, Mahasiswa dan Rakyat Papua yang diterima Seputar Papua, Senin (8/10), menyatakan bahwa managemen PT. Freeport Indonesia tidak mengindahkan dan terkesan mengabaikan surat yang diberikan oleh Disnaker Provinsi Papua.

"Kami menganggap alasan utama Freeport ini adalah bagian dari mencari celah untuk memperkuat kebijakan strategis berupa program efisiensi ‘furlough’ yang telah diterapkan dengan alasan perusahaan merugi, namun kenyataannya tidak terbukti kalau mengalami kerugian," kata Yosepus Talakua, Koordinator Koalisi Buruh, Mahasiswa dan Rakyat Papua.

Menurut Yosepus, alasan-alasan manajemen Freeport hanyalah bagian dari upaya pembelaan yang terus dilakukan tanpa memperdulikan hak asasi ribuan buruh yang telah dikorbankan oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Ia menegaskan, perjuangan ribuan buruh saat ini sesungguhnya adalah untuk mendapatkan keadilan atas hak-hak mereka yang telah diberangus, termasuk hak hidup, hak untuk bekerja dan hak berserikat.

"Kami sudah melakukan berbagai upaya-upaya sesuai mekanisme dan UU Indonesia, dengan mendatangi lembaga-lembaga pemerintahan dan DPR untuk menyuarakan ketidak adilan yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia," katanya.

Ia menilai pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan RI tidak serius dalam memperjuangkan hak-hak ribuan buruh yang merupakan warga Negara yang dikorbankan oleh perusahaan.

Sehubungan dengan itu, Koalisi Buruh Mahasiswa Rakyat Papua mendesak kepada:
  1. Managemen PT. Freeport Indonesia segera patuhi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan menghormati hak asasi 8.300 buruh yang telah di-PHK oleh PT. Freeport Indonesia secara sepihak. 
  2. Manageman PT. Freeport segera menyelesaikan kasus pelanggaran HAM yang telah dilakukan terhadap ribuan buruh dengan menyelesasikan hak-hak normative buru dan bertangungjawab atas 33 buruh mogok yang meninggal akibat pemutusan hubungan kerja.
  3. Kementerian Ketenagakerjaan untuk segera mengambil sikap untuk menyelesaikan persoalan buruh dan PT. Freeport yang telah lama diperjuangkan, namun sampai saat ini terkesan menutup mata dan berkompromi dengan managemen perusahaan. 
  4. DPR RI dan DPRP mengambil sikap tegas terhadap PT. Freeport terkait surat yang telah dikeluarkan DISNAKERTRANS Provinsi Papua Nomor. 560/1271 tentang Penjelasan Penanganan Kasus PHK
Disclaimer: Gambar, artikel atau video yang ada di web terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber. Jika ada masalah dengan masalah ini, Anda dapat menghubungi kami.

KOMENTAR

loading...
Name

Alam,5,Bank Papua,1,Bencana Alam,4,Benhur Tommy Mano,1,Berita Bola,9,Berita Palsu,1,Boven Digoel,2,Bupati,1,Buruh Papua,2,Cendrawasih,1,CPNS,4,Cuaca,1,Deiyai,1,Demas Paulus Mandacan,1,Ekonomi,2,Fakfak,1,Film,1,Freeport,4,Ha-Anim,1,HAM,1,Headline,13,Internasional,2,Jakarta,4,Jayapura,17,Jayawijaya,5,Jhon Richard Banua,1,Jokowi,2,Kab Jayapura,2,Kelapa Sawit,1,Kesehatan,2,Khas Papua,3,Korupsi,2,Kota Sorong,1,KPK,2,Kriminal,10,Kuliner,3,Lanny Jaya,1,Lapas,1,Liga 1,1,Lingkungan,5,Lukas Enembe,4,Mahasiswa,1,Mahkamah konstitusi,1,Mamberamo Raya,1,Manokwari,6,Marinus Wanewar,1,Martabak,1,Merauke,3,Mimika,6,Nabire,2,Nasional,6,Nduga,1,Olahraga,8,Orang Asli Papua,1,Papeda,1,Papua,50,Papua Barat,16,Partai Lokal Papua,1,PBB,2,Pelajar,1,Pemerintahan Daerah,4,Pemilu,3,Pendidikan,1,Perampokan,1,Persipura,5,Piala AFF,1,Piala Indonesia,2,Piala Presiden,1,Polda Papua,1,Polisi,2,Politik,3,PON Papua,1,PSSI Papua,1,Raja Ampat,2,Sagu,2,Sejarah Papua,2,Sekolah,1,Sentani,2,Sosial,1,Tambang Liar,1,Teluk Bintuni,1,Ulat Sagu,1,ULWMWP,1,Yahukimo,3,
ltr
item
Berita Papua : Freeport PHK 8.300 Buruh, Disnaker Papua Nyatakan Batal Demi Hukum
Freeport PHK 8.300 Buruh, Disnaker Papua Nyatakan Batal Demi Hukum
Disnaker Papua menyimpulkan pemutusan hubungan kerja tanpa penetapan yang diatur dalam pasal 151 ayat (3) batal demi hukum.
https://2.bp.blogspot.com/-tfZt2QqzHco/W786qg4E9qI/AAAAAAAAAeA/XViMgoP0xc48NyhBKKrPwUDFUIMi7M14ACLcBGAs/s1600/Demo%2BBuruh%2BFreeport%2Bdi%2BJakarta.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-tfZt2QqzHco/W786qg4E9qI/AAAAAAAAAeA/XViMgoP0xc48NyhBKKrPwUDFUIMi7M14ACLcBGAs/s72-c/Demo%2BBuruh%2BFreeport%2Bdi%2BJakarta.jpg
Berita Papua
https://www.beritapapua.net/2018/10/freeport-phk-8300-buruh-disnaker-papua.html
https://www.beritapapua.net/
https://www.beritapapua.net/
https://www.beritapapua.net/2018/10/freeport-phk-8300-buruh-disnaker-papua.html
true
5090254120234327186
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA TAG ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy