Pemrov Papua Minta Bupati Aktif dalam Antisipasi Bencana Alam

Advertisement

Pemrov Papua Minta Bupati Aktif dalam Antisipasi Bencana Alam

Admin
Tuesday, 2 October 2018

JAYAPURA, beritapapua.net - Pemerintah Provinsi Papua meminta bupati dan wali kota di wilayahnya untuk pro aktif dalam mengantisipasi maupun menangani bencana yang terjadi.

Klemen Tinal bersama Lukas Enembe. (Foto: Ardo/Antara)
Hal tersebut di sampaikan oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal di Jayapuraa pada hari senin 01 Oktober 2018. Dalam himbauannya, Tinal menyampaikan bahwa bupati-bupati yang wilayahnya rawan terkena potensi bencana dalam dalam memperhatikan aspek pembangunan dan perencanaannya.

Lebih lanjut menurutnya bahwa,  bupati maupun wali kota yang wilayahnya rawan terkena bencana harus bisa memberikan pencerahan serta pelatihan pencegahana kepada masyarakat sehingga ketika terjadi bencana dapat diantisipasi secara baik untuk meminimalisir jumlah korban.

"Tidak hanya itu, bupati dan wali kota yang wilayahnya rawan bencana harus selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sehingga jika suatu saat terjadi peristiwa, sudah siap menghadapinya," ungkap mantan Bupati Timika ini, dilansir Antara.

Selain itu, Wakil Gubernur Papua juga menyampaikan bahwa, Pemprov Papua dan masyarakat Papua ikut berdukacita atas korban bencana alam yang terjadi di Palu serta Donggala.

"Namun di dalam keprihatinan dan duka cita, bencana tersebut juga menjadi peringatan bagi masyarakat Papua untuk lebih waspada, berhati-hati serta mengatur segala sesuatunya dengan baik," katanya lagi.

Pihaknya meminta masyarakat tidak membangun rumah sembarangan di tempat-tempat rawan terjadinya bencana alam sehingga dapat melakukan pencegahan lebih dini.

Sebelumnya, pada Jumat (28/9) terjadi gempa dengan kekuatan 7,4 Skala Richer (SR) sehingga mengakibatkan tsunami di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah serta menyebabkan 844 orang meninggal akibat tertimpa reruntuhan bangunan juga tsunami.

Editor: Eben/Gando