Masih Pelajar, Curanmor Demi Miras Akhirnya Tertangkap

Advertisement

Masih Pelajar, Curanmor Demi Miras Akhirnya Tertangkap

Admin
Wednesday, 23 January 2019

JAYAPURA, beritapapua.net - Akhirnya Polres Kota Jayapura berhasil bekuk Tiga remaja spesialis pencurian sepeda motor (curanmor) di dua lokasi berbeda, Rabu (23/1) dini hari tadi, sekita pukul 03:00 WIT di Jayapura.

Tiga pelaku saat diamankan beserta barang bukti si Mapolres Jayapura Kota.
Ketiga pelaku ranmor tersebut masih remaja yakni PE (17), OM (15) dam EW (15), dan diketahui dua diantaranya merupakan pelajar yang masih mengenyam pendidikan di bangku salah satu SMP di Kota Jayapura. Polisi berhasil mengamankan satu unit motor Unit motor Yamaha Vega Force yang pernah dilaporkan hilang pada 10 Desember lalu di Polsek Jayapura Selatan.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas ketika dikonfirmasi melalui Kasubag Humas POlres Jayapura Kota menuturkan ketiga pelaku saat ini telah diamankan di rumah tanahan Mapolres Jayapura kota untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dari hasil intogas sementara ketiganya telah melakukan aksi pencurian lebih dari satu kali.

“Mereka sudah lebih dari satu kali melakukan pencurian kendaraan bermotor di seputaran Jayapura, dimana hasil kejahatannya dijual untuk membeli minuman keras. Bahkan mereka merupakan spesialis dalam kasus pencurian kendaraan bermotor,” ungkap Jahja, Rabu (23/1) siang.

Lanjut Jahja, masih ada pelaku lainnya yang kini masih dalam pengejaran dimana pelaku tersebut berinisial JK dan yang bersangkutan merupakan DPO Lapas Abepura.

“Saat melakukan aksinya mereka memiliki ada 4 orang, tiga sudah ditangkap sedangkan JK yang merupakan DPO dalam pengejaran, mengingat saat meu ditangkap yang bersangkutan terlebih dahulu melarikan diri saat mengetahui kedatangan anggota,” jelansya.

Ia menerangkan penangkapan ketiga pelau berawal ketika Tim Carli mendapatkan informasi dari lapangan terkait keberadaan para pelaku diseputaran Hamadi Gunung sekitar pukul 03:00 WIT.

“Dua pelaku ditangkap saat sedang berpesta miras di pangkalan ojek hamadi gunung, sedangkan satu pelakunya ditangkap di seputaran jalan baru Hamadi Pantai,”

Dari hasil introgasi, pengakuan pelaku pernah melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor, dimana hasil kejahatanya di jual kepada seseorang berinisial I si seputaran Angkatan LAut, seharga Rp. 2 juta. Dalam melakukan aksi kejahatanya para pelaku memiliki tugas masing-masing ada yang memantau target, ada yang mengeksekusi dan bagian pemasaran.

“Pengakuan mereka pernah mencuri moto Yamaha Jupiter dan motor itu dijual kepada penada berinisial I dan kini penada tersebut masih kami lakukan penyilidikan lebih lanjut. Uang dari hasil kejahatanya di bagi rata kemudian sisanya dipakai untuk membeli miras,” tutur Jahja.